Rabu, 25 Juli 2012

Belajar Twitter

Belum Bisa Twitter? Sini
Belajar! [update]

(Masuk haraap lepas sandal).

Yang namanya twitter sebenarnya emang udah ga baru
lagi dan udah banyak yang make, banyak banget malah.
Tapi, meskipun udah banyak yang make, tapi masih ada
yang ga bisa mainya. Gue agak kagok juga ngeliat orang
yang udah bikin akun Twitter, tapi ga di pake karena ga
tau cara mainya. Apakah sebenarnya mereka keturunan
Mak Lampir? Atau malah anak pembantunya Nyi Roro
Kidul? Oh saya tidak tau menau soal itu.
Makanya posting hari ni gue bakalan ngebahas

‘BAGAIMANA CARA MENGGUNAKA TWITTER’ atau ‘HOW
TO USE TWITTER’ atau ‘PRIWE CARANE NGANGGO
TWITTER’ dan ini buat yang belum bisa main twitter biar
ga di sangka keturunanya Mak lampir ataupun anak
pembantunya Nyi Roro kidul (kayaknya ga ada
hubunganya deh). Ok kita mulai, pasang sabuk
pengaman, nyalakan mesin, dan jangan lupa bawa SIM
dan STNK (lho?).

1. Cara Ngetweet
Kalo ini gue yakin, smua pasti udah bisa. Nenek-nenek
salto aja bisa.

2. Mention
Nah, kalo mention ini samacam cara menghubingi
teman kita. Caranya tinggal tulis @ di depan akun yang
dituju. Misal kalian mau bilang ke gue, ‘ lo ganteng
banget!’ caranya tinggal tulis ‘@aku lo ganteng banget!’

3. RT (Retweet)
Ini adalah bagian yang paling membingunkan buat para
pemula, bahkan gue juga dulu bingung. Apa sih RT itu?
RT adalah kependekan dari Retweet yang artinya
mengulang. Jadi jika ada teman yang mention, lo tinggal
nulis jawaban lo’ RT @ ’.
Misal gue mau bales tweet lo yang ‘@aku lo
ganteng banget!’ maka jika gue mau bilang ‘Emang, Baru
tau?’ gue harus nulis ‘Emang, baru tau? RT @elo
@aku lo ganteng banget!’ Kalo masih ga ngarti,
ini contoh lagi.
Gue nulis: Aku kesepian
cara bales:
kebetulan, mama saya juga lagi kesepian di kuburan.
Tolong ditemenin ya! RT @aku aku kesepian
atau
Gue nulis: Aku kelaparan
cara bales:
Sini kak, kebetulan di kulkas ku ada banyak cabe
sama trasi RT @aku Aku kelaparan

4. Replice
Biasanya ditandai dengan simbol @ diatas tweet
seseorang. Sama halnya dengan RT, replice merupakan
salah satu cara membalas tweet orang lain, dengan cara
yang lebih praktis, alias tidak perlu mengulang tweet
orang seperti RT. Tinggal klik simbol @ dan kamu akan
diarahkan ke replice kolom dan tulis balasan kamu pada
orang lain. Tweet replies, biasanya ada tulisan (see
replied ) dibawahnya. Kalo diklik akan menuju ketweet
orang yang kamu balas. Ga ngerti lagi?
Misal gue nulis: Aku ingin terbang!
Lo bales lewat replice: @aku terbang aja
sono, gue ga peduli (see replied )
Dan kalo see repliednya diklik, akan terbuka tweet gue
yang ‘aku ingin terbang’.
Ga ngerti? Coba aja sendiri, praktek jauh lebih asik dari
kata-kata. Well, jadi RT bukan satu-satunya cara, lebih
baik pake repliece, cuman kalo emang mau
membagikan tweet orang yang kamu balas, pake RT
juga ga masalah. Bebas.

5. Hastag
Hastag adalah semacam link untuk mengubungkan kita
ke orang lain yang kebetulan tema tweetnya sama kaya
kita. Contoh hastag adalah #fakirasmara. Jadi hastag
selalu di awali dengan # dan kata di belakangnya tidak
menggunakan spasi (nyambung). Contoh tweet
berhastag: Malam minggu cuma nonton tipi doang.
Resmi deh jadi jomblo #fakirasmara.

6. Aplikasi Pendukung Jaringan Twitter
Ngetweet cuma lewat twitter.com jaman sekarang udah
jadul abis. Why? Because sekarang udah banyak aplikasi
pendukung twitter yang fasilitasnya lebih lengkap (udah
bisa Mention dan RT otomatis) dan juga lebih mudah
diakses di ponsel. Contoh aplikasi pendukung twitter
adalah tweete, tuitwit. Kalo gue pribadi sih lebih suka
make tuitwit karena tampilanya bagus dan akses
ponselnya murah (iye, gue pelit). tuitwit juga masuk di
nominasi Top 100 Asia aplication lho (sotoy abis).
Kekurangan Tuitwit paling cuma over quota, jadi ga ada
salahnya pake tweete.
Selain itu, ada juga aplikasi kusus untuk beberapa
broswer komputer seperti firefox dan google chrome.
Kalo firefox, ada echofon, cariu aja di google. Nah kalo
google chrome, ada banyak tapi gue paling suka pake
chromed bird, bisa upload foto juga soalnya. Kalo mau
cari, tinggal masukan keyword ‘google chrome ekstensi’
dan di halaman ekstensi pilih menu sosial.

Gitu aja deh, semoga posting kali ini membantu kalian
yang belum bisa main twitter. Lumayan lah biar ga di
kira Keturunan Mak Lampir Atau anak Pembantunya Nyi
Roro Kidul :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar